5 Fasilitas Sekolah Pilot yang Harus Dipertimbangkan

Dalam memilih sekolah pilot selain reputasi dan biaya, fasilitas juga menjadi salah satu hal penting yang patut dipertimbangkan dengan baik. Fasilitas sangat mendukung agar para cadet bisa memperoleh kenyamanan dalam menempuh pendidikan dan supaya potensi menerbangkan pesawat bisa maksimal yang mana nantinya dapat diterima bekerja di maskapai penerbangan. Berbicara mengenai fasilitas, berikut empat macam fasilitas yang sebaiknya dipertimbangkan dalam memilih sekolah pilot:

Asrama

Tempat tinggal yang bersih dan nyaman tentu dapat memberikan kepuasan dalam menempatinya. Secara umum, para cadet pilot akan tinggal di asrama sekolah. Asrama untuk cadet pilot laki-laki dan perempuan akan dipisahkan. Adapun fasilitas asrama yang nyaman dengan kriteria sebagai berikut; satu kamar tidur khusus untuk satu orang, tersedia tempat tidur, lemari, meja belajar, kursi, ruangannya menggunakan AC, dan gratis akses internet yang tentunya sangat membantu dalam berkomunikasi dengan seseorang yang lokasinya jauh seperti keluarga. Perlu diketahui bahwa, asrama merupakan salah satu fasilitas yang benar-benar harus dipertimbangkan dengan baik. Mengingat karakter setiap orang berbeda-beda apalagi beda suku dan budaya, tentu menjadi suatu upaya untuk menghindari konflik yang tidak diinginkan.

Ruang belajar

Ruang belajar juga sama halnya dengan asrama. Ruang belajar yang mendukung seperti kebersihannya terjaga dan fasilitas belajar cukup serta dilengkapi AC tentu akan memberi kenyamanan dan kesenangan dalam belajar baik itu ruang jelas, perpustakaan, ataupun laboratorium. Contohnya perpustakaan, jika ruang tersebut bersih dan lengkap dengan buku-buku yang diperlukan tentu bisa merasa nyaman untuk selalu mengunjunginya sehingga ilmu pengetahuan yang diperoleh juga bisa maksimal. Sementara sebaliknya, jika ruang kelas kotor dan kondisinya panas, pasti suasana belajar tidak akan nyaman bukan tidak mungkin hanya akan merasa rugi dengan jumlah bayaran yang mahal tapi kenyamanan dalam belajar tidak didapatkan.

Simulator

Simulator ialah alat simulasi terbang dengan sistem yang sangat sanggih di mana para cadet dapat merasakan terbang dengan sesungguhnya. Simulator sangat berperan penting dalam melatih mental para cadet sebelum terbang dengan sebenarnya. Dengan demikian, mental para cadet dapat terasah dan tidak terkejut ketika melakukan latihan terbang sebetulnya. Ingat, bila mental seseorang belum terkontrol dengan baik karena masih takut akan ketinggian, bukan tidak mungkin hasil jam terbang yang didapat tidak maksimal atau minim sehingga sulit untuk memperoleh lisensi seperti yang diharapkan. Itulah sebabnya, simulator menjadi salah satu fasilitas yang sebaiknya dipertimbangkan dengan matang-matang tidak lain dan tidak bukan adalah supaya para cadet bisa mendapat gambaran dalam penerbangan dan tidak terkejut ketika menerbangkan pesawat pada kenyataannya.

Bandara dan pesawat latih

Fasilitas yang juga tidak kalah penting untuk dipertimbangkan secara masak-masak adalah bandara dan pesawat latih. Kedua fasilitas tersebut sangat memungkinkan agar para cadet menjadi seorang pilot yang handal. Pesawat latih (aircraft) yang memadai paling tidak rasio pesawat dan cadet misalnya 1:5, akan sangat mendukung supaya para cadet bisa memperoleh kesempatan terbang dengan baik (tidak perlu ngantri untuk latihan). Begitu juga dengan bandara latih (airport), tentu akan sangat memungkinkan para cadet bisa berlatih dalam waktu yang lebih efektif. Sebaliknya jika sekolah hanya memanfaatkan bandara terbang pada umumnya sebagai tempat latihan, tentu membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menjangkau lokasi sehingga selain menghabiskan biaya transportasi yang lebih maksimal hal ini juga bisa membuat para cadet lambat lulus sekolah.

Fasilitas dikatakan termasuk salah satu hal yang perlu dipertimbangkan secara masak-masak dalam memilih sekolah pilot yang tepat. Tentu saja, dengan fasilitas yang mendukung para cadet agar bisa memiliki kemampuan yang tinggi ketika lulus dari sekolah pilot dan memperoleh peluang karir seperti yang diharapkan.

Leave a Reply