Pentingnya Mengecek Fasilitas Sekolah Pilot

Selain mengetahui jumlah dan siapa saja instruktur yang ada di sekolah pilot, calon kadet juga disarankan untuk mengecek fasilitas sekolah dengan detail. Ini berarti bahwa mereka akan mengetahui pesawat latih apa saja yang digunakan, seperti apa asrama dan fasilitas pelengkapnya, bagaimana status kepemilikan bandar udara yang akan digunakan untuk latihan dan bagaimana kualitas serta kuantitas simulator yang digunakan. Sayangnya, kebayakan calon kadet tidak melakukan hal ini karena mereka memilih pilot course berdasarkan rekomendasi beberapa orang, ikut pilihan teman, atau kepopuleran sekolah itu sendiri. Pada akhirnya, mereka menyesal dengan pilihan yang sudah mereka ambil dan harus menanggung resikonya sendiri.

Btw, apakah Anda tertarik untuk melanjutkan studi Anda setelah lulus SMA di sekolah penerbangan? Jika iya, pastikan untuk tidak asal pilih dan ingat untuk mengecek fasilitas apa saja yang disedikan di flight training agar tidak menyesal nantinya. Perlu diketahui bahwa dengan melakukan hal ini, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan, seperti:

Mengetahui kualitas sekolah pilot

Salah satu cara untuk mengetahui seberapa bagus kualitas sekolah pilot adalah dengan mengetahui fasilitas yang ada di sekolah tersebut. Pada umumnya, sekolah yang berkualitas akan dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, baik dari pesawat latih, bandara, asrama, simulator, dan fasilitas pendukung lainnya. Sebaliknya, flight school yang kurang berkualitas biasanya minim fasilitas. Ini berarti bahwa mereka punya semua fasilitas tapi jumlahnya sedikit atau dapat menghambat proses belajar dan pelatihan para kadet. Sebagai contoh, sekolah pilot yang mempunyai 100 kadet dengan pesawat latih yang hanya 5 unit atau bandara yang dipakai oleh penerbangan komersial dengan jam terbang yang pada setiap hari. Kondisi ini membuat kadet harus mengantri untuk waktu yang lama bila ingin menerbangan pesawat.

Memastikan kelancaran dan kenyamanan selama tinggal di asrama dan belajar di sana

Dengan fasilitas yang memadai, para kadet akan merasa nyaman selama tinggal di asrama dan mereka pun akan menikmati masa pembelajaran dan pelatihan di sana dengan lancar. Berbeda halnya bila sekolah hanya memiliki fasilitas minim yang mana kondisi ini dapat menghambat kemampuan dan wawasan kadet dan membuat mereka menjadi tidak nyaman. Untuk itu, di mana pun sekolah pilot yang ingin dituju, cek dengan benar kelengkapan fasilitas yang ada di sana, jangan sampai Anda nantinya tidak nyaman dan tidak bisa belajar dan berlatih dengan maksimal. Misalnya, jika Anda memilih pilot school di Filipina, jangan pilih sekolah karena ketenarannya saja. Anda harus cek fasilitasnya juga. Anyway, salah satu sekolah penerbangan di sana yang direkomendasikan untuk Anda adalah Royhle Flight Academy Filipina.

Membantu memperkirakan waktu kelulusan

Apabila Anda membaca artikel-artikel terkait tentang pilot course, Anda pasti tahu bahwa waktu kelulusan di setiap sekolah pilot berbeda-beda. Ada yang menjamin siswa/i-nya lulus dalam waktu 11 bulan, 12 bulan, 18 bulan, dan lain sebagainya. Tahukah Anda mengapa hal ini bisa terjadi? Memang ada banyak faktor yang menyebabkannya dan salah satunya adalah ketersediaan fasilitas di sekolah itu sendiri. Apabila fasilitasnya minim dan muridnya banyak, kemungkinan besar waktu kelulusan terbilang cukup lama. Sebaliknya, bila jumlah kadet dan fasilitas yang ada ideal, kelulusan bisa terjadi dalam kurun waktu hanya 1 tahun saja. Untuk itu, selain mengecek cek kualitas instruktur, total jam terbang rill yang dimiliki kadet, lamanya waktu maintenance pesawat, dan faktor lainnya, cek juga fasilitas yang ada di sekolah pilot agar bisa memperkirakan waktu kelulusan Anda.

Leave a Reply