Seputar Batch Sekolah Pilot

Batch Sekolah PilotSekolah pilot merupakan sekolah yang diperuntukkan bagi mereka dengan cita-cita jadi penakluk “burung besi” atau pilot, instruktur penerbangan, aircraft marshaller atau petugas parkir pesawat, ATC (Air Traffic Controller) atau pemandu lalu lintas udara, dan profesi lainnya di dalam dunia penerbangan udara. Untuk bisa sekolah pilot, salah satu syaratnya adalah minimal berusia 17 tahun & maksimal 35 tahun. Artinya, kamu harus lulus sekolah setingkat SMA (lulus kuliah juga boleh). Bagaimana kalau telah menikah? Kalau masih di bawah 35 tahun, tidak masalah. Asalkan tidak punya penyakit jantung, penyakit ayan (epilepsi), dan tidak buta warna.

Tak kalah penting harus punya dana yang jumlahnya cukup fantastis. Untuk pendaftaran menyiapkan lebih kurang 10 jutaan (biasanya sudah termasuk MedEx, TOEIC, dan psikotes). Untuk biaya pendidikannya lebih kurang 600 jutaan (biasanya bisa dicicil, berapa kalinya tergantung dari masing-masing sekolah). Bicara mengenai sekolah pilot, ada istilah batch atau angkatan. Lebih dekat dengan batch di sekolah pilot yuk!

  • Dibuka 2 sampai 3 kali dalam setahun. Dalam satu tahun, pihak sekolah pilot umumnya membuka 2 sampai 3 kali batch (meski pendaftarannya online atau langsung ke sekolah pilot yang diinginkan dibuka setiap saat). Untuk itu, jangan pernah merasa telat masuk sekolah pilot karena 2 atau 3 bulan ke depan bakal ada penerimaan cadet untuk batch berikutnya pada tahun yang sama.
  • Dibedakan atas 2 jenis. Batch dalam sekolah pilot dapat dibedakan atas 2 jenis. Pertama, batch independent. Maksudnya adalah kamu yang masuk dalam batch ini bisa bebas apply pekerjaan ke maskapai penerbangan manapun dalam negeri atau luar negeri. Kedua, batch Garuda, Air Asia, atau maskapai penerbangan lainnya. Maksudnya, pas lulus bisa langsung mendaftar ke Garuda, Air Asia, atau maskapai penerbangan karena sekolah pilot ada kerjasama. Meski begitu, tetap mengikuti prosedur dari maskapai penerbangan yakni mengikuti tes. Di sisi lain, saingannya terutama batch Garuda cukup ketat persaingannya.
  • Ada jatah cadet per batch. Untuk setiap batch, ada jatah dari pihak sekolah. Masing-masing sekolah umumnya berbeda. Misalnya saja BIFA jatah per batch adalah 25 siswa, Aero cuma 15 orang per batch, Flybest sekitar 20 orang, dsb. Pada dasarnya, baik memilih yang angkatan sedikit sehingga belajarnya lebih efektif. Jika jatah per batch cukup banyak, tapi perbandingan dengan pesawat latih & instruktur penerbangan adalah 1 pesawat latih untuk 5 cadet serta 2 instruktur penerbangan untuk 5 siswa tidak masalah, ini justru memenuhi standar penerbangan internasional.
  • Rata-rata ada kenaikan biaya per batch. Pada dasarnya, lebih cepat masuk sekolah pilot jauh lebih baik. Mengapa? Rata-rata ada kenaikan biaya pendidikan per batch. Untuk kenaikannya sendiri cukup signifikan yakni antara 50 sampai 70 juta per batch-nya. Wow, lumayan bukan? By the way, kalau kamu ingin memasukkan anak ke sekolah pilot sedangkan usia anak saat ini belum mencukupi, sebaiknya persiapkan dana pendidikan sekolah pilot sedini mungkin. Jangan lupa akumulasikan juga kenaikan per batch sekaligus inflasi tiap tahun ya 😀 Sekedar tips, perencanaan keuangan yang bisa dipilih bisa deposito (tabungan berjangka dengan modal awal minimal 10 juta), emas batangan (investasi dengan karakter tidak mudah tergerus laju inflasi, dilihat dari nilai jualnya yang cukup stabil, atau reksadana (investasi yang bisa dimulai dengan 100 ribu rupiah saja yang diberikan pada Manajer Investasi).

Leave a Reply